10 Game MMORPG Android Terbaik Pilihan Gamer Seru

Game MMORPG merupakan salah satu dari beberapa jenis game yang begitu populer di mobile atau Android. Coba saja kamu hitung dan lihat berapa banyak jumlah game bergenre role playing (RPG) yang mengharuskan pemainnya untuk online di luar sana. Meskipun sebagian besar di antara mereka mengklaim dirinya sebagai MMORPG, namun tidak semuanya benar-benar mewakili permainan MMORPG.

Bagi kami, sebuah game baru bisa dikatakan MMORPG apabila melibatkan interaksi serta kerja sama yang intens bersama para pemain lainnya. Beberapa contoh MMORPG bahkan menempatkan pemain dalam satu lokasi yang sama (atau dikenal lewat istilah instance), sehingga mereka bisa bahu-membahu menyelesaikan quest bersama-sama.

Dengan semakin bertambah banyaknya jumlah MMORPG di platform mobile, kami telah memilihkan beberapa judul terbaik yang patut kamu mainkan di perangkat kesayanganmu. Check them out!

10. Izanagi Samurai Ninja Online

Izanagi Samurai Ninja Online

Game buatan developer spesialis game online asal negara Jepang ini bisa dibilang merupakan salah satu MMORPG dengan judul terpanjang di platform mobile. Sesuai judulnya, dalam Izanagi Samurai Ninja Online kamu akan dibawa mengarungi dunia MMORPG yang melibatkan aksi kesatria ninja bertopeng, lengkap dengan kostum mereka yang terlihat modern.

Developer Asobimo, Inc. cukup berhasil menghadirkan aksi hack and slash yang luwes, lengkap dengan dukungan peta permainan yang luas, kontrol berbentuk radial yang dinamis, serta ekonomi yang bisa dipengaruhi oleh pemain. Berbicara soal grafis, penampilan Izanagi terbantu oleh penggunaan Unreal Engine yang membuat segalanya terlihat lebih tajam, meskipun memakan ruang memori yang tidak sedikit ketika diunduh untuk pertama kali.

Bila kamu mencari sebuah MMORPG yang seru, kami pikir kamu akan bersenang-senang memainkan Izanagi Samurai Ninja Online hingga kemudian baterai smartphone kamu habis dan meraung-raung meminta diisi ulang.

9. Order & Chaos 2: Redemption

Order & Chaos 2 Redemption

Membicarakan MMORPG di platform mobile belum lengkap jika tidak menyinggung serial game buatan Gameloft yang satu ini. Lewat iterasi kedua dari serial Order & Chaos, kali ini Gameloft menanggalkan mekanisme auto attack ala World of Warcraft, dan menggantinya dengan aksi hack and slash yang tak kalah seru dibandingkan Izanagi. Selain itu kamu juga diberikan dua fitur baru yang tidak terdapat di seri orisinalnya, yaitu Solo Dungeon dan Instant Quest.

Selain penambahan fitur baru, tampilan visual Order & Chaos 2: Redemption juga terlihat jauh lebih mendetail ketimbang versi orisinalnya yang pertama kali dirilis pada tahun 2011 lalu. Beberapa zona outdoor yang kamu jelajahi bahkan memiliki pergantian siang dan malam sehingga menambah kesan dramatisnya permainan.

Dengan grafisnya yang sangat bagus, Order & Chaos 2 memerlukan GPU smartphone berkemampuan tinggi untuk bisa menghadirkan kualitas gambar yang sempurna. Dengan menggunakan smartphone yang dilengkapi GPU Adreno 330 pun, beberapa bagian game masih mengalami penurunan frame rate yang signifikan sehingga perlu dilakukan pengaturan di menu utama untuk memperbaiki performanya.

8. Avabel Online

Avabel Online

Kurang lebih tiga tahun lalu, Avabel Online merupakan salah satu MMORPG mobile dengan kualitas grafis 3D yang luar biasa di zamannya. Meskipun predikat tersebut berangsur-angsur memudar, namun hingga kini Avabel Online masih menjadi MMORPG yang relevan berkat dukungan update dari pihak developer, Asobimo, Inc.

Avabel Online memadukan tema high fantasy dengan sedikit nuansa steampunk yang menawan. Lewat tampilan dunianya yang sangat luas, kita dibawa mengarungi sebuah petualangan sureal yang melibatkan keberadaan pulau terbang, kastel di atas awan, serta monster mesin clockwork yang mematikan.

Selain itu di Avabel Online kita juga diberikan percabangan kelas yang cukup kompleks dengan lebih dari 35 pilihan kelas, meliputi Dark Knight, Ninja Assassin, Gunslinger, Elementalist, Exorcist, dan banyak lagi lainnya. Mengingat ada banyak sekali pilihan kelas yang disediakan, Avabel Online merupakan MMORPG dengan pemilihan kelas paling banyak di antara sekian judul game yang ada dalam daftar ini.

7. Dragonica Mobile

Dragonica Mobile

Dari namanya saja kamu mungkin sudah bisa menebak bahwa Dragonica Mobile adalah adaptasi dari MMORPG Dragonica Online yang cukup terkenal beberapa tahun silam di PC. Meski pada awalnya Dragonica Mobile terkesan seperti hanya membawa nama Dragonica Online saja, game buatan Funigloo ini ternyata memiliki pesona tersendiri yang membuatnya layak disejajarkan bersama MMORPG lainnya.

Beberapa fitur menarik yang bisa kita temukan di sini antara lain kemampuan untuk “meminjam” karakter pemain lain sebagai bala bantuan kala bertempur di medan perang. Kamu yang menginginkan tantangan lebih bisa juga menghadapi pemain lain di mode PvP, melakoni aktivitas raid, dan lain sebagainya.

Funigloo merombak beberapa bagian permainan Dragonica Online agar menjadi sebuah game hack and slash yang terasa nyaman dimainkan di perangkat touch screen. Kamu yang pernah bermain Dragonica Online versi PC bisa bernostalgia kembali memainkan Dragonica Mobile di smartphone.

6. Kritika: The White Knights

Kritika The White Knights

Sebagai salah satu dari sekian game hack and slash berkualitas yang dirilis oleh Gamevil, terus terang saya kesulitan memilih antara Kritika: The White Knights atau Darkness Reborn yang sama-sama menghadirkan aksi grinding seru dengan tampilan menawan. Namun bila dikembalikan lagi kepada tema MMORPG, maka Kritika lah yang patut masuk ke dalam daftar ini.

Kritika: The White Knights adalah adaptasi mobile dari salah satu MMORPG populer asal Korea Selatan yang berjudul mirip. Bedanya jika dalam versi PC kita diajak melakoni transisi antarpeta yang melelahkan, Kritika: The White Knights justru menghadirkan aksi yang jauh lebih ringkas tanpa meninggalkan ciri khas pertarungan frontal ala Kritika yang sangat brutal.

Sekarang tinggal pilih mana yang cocok buatmu. Apakah lebih suka bermain menggunakan keyboard dan mouse? Atau bermain lewat layar smartphone sembari melakukan rutinitas lainnya di dunia nyata?

5. Stellacept Online

Stellacept Online

Phantasy Star Online adalah judul game pertama yang langsung terlintas di kepala saat merasakan kesan futuristis dari Stellacept Online. MMORPG buatan Asobimo, Inc. ini tampaknya memang berkiblat kepada game fantasi bertabur nuansa futuristis buatan SEGA tersebut. Hal ini tampak dari penampilan kelas karakternya yang mirip, serta tema petualangan antarplanet yang sekilas mirip dengan Xenoblade.

Keunikan tema yang dimiliki Stellacept Online menjadikannya sebagai satu-satunya game bernuansa futuristis yang bisa kamu temukan dalam daftar ini. Seandainya kamu menyukai dua judul game yang saya referensikan tadi, maka Stellacept Online adalah MMORPG mobile yang cocok buat kamu.

4. Age of Wushu: Dynasty

Age of Wushu Dynasty

Lagi-lagi sebuah adaptasi MMO terkenal ke dalam versi mobile. Sama seperti Age of Wushu di PC, Age of Wushu: Dynasty menyajikan aksi pertarungan tangan kosong yang sangat seru, di mana kita terlibat dalam perseteruan tiga klan antara Wudang, Shaolin, dan Tangmen.

Snail Games selaku pihak developer telah mempertahankan beragam hal yang menjadi ciri khas game MMO ini, mulai dari pemilihan kelas karakter yang turut menentukan cerita, hingga aksi pertarungan tangan kosong yang lincah berbalut efek visual menawan. Tak hanya itu di sini kamu juga disuguhkan cara bernavigasi yang unik, yaitu dengan cara terbang mengitari bangunan layaknya aksi dalam film kungfu Crouching Tiger, Hidden Dragon.

Kabar baiknya lagi, saat daftar ini dibuat, Snail Games tengah menggodok update baru untuk menggenjot permainan PvP dalam Age of Wushu: Dynasty. Nantinya pemain dapat menikmati mode Survival untuk menentukan siapa yang paling tangguh dan membentuk klan perguruan mereka sendiri dalam persaingan antarklan berskala besar. Menarik bukan?

3. Toram Online

Toram Online

Sekilas membaca namanya saja, kamu mungkin akan menganggap remeh MMORPG buatan Asobimo, Inc. ini karena terdengar cukup aneh. Namun begitu kamu menyempatkan diri untuk mencoba Toram Online, game ini adalah salah satu MMO bergaya JRPG yang layak diperhitungkan.

Mirip MMORPG lain buatan Asobimo, Iruna Online, game satu ini juga menggunakan penggambaran karakter berwajah imut ala anime. Meskipun demikian, permainan Toram Online terasa cukup kompleks berkat implementasi skill tree yang bercabang serta kustomisasi karakter yang sangat mendalam.

Kamu yang terbiasa memainkan game MMO berbasis auto attack ala World of Warcraft akan merasa familier dengan permainan Toram Online. Cukup tap musuh yang ingin dilawan, gunakan skill terkuat karaktermu, dan silakan pungut harta jarahan dari musuh yang kamu hadapi.

2. Warspear Online

Warspear Online

Seandainya beberapa pilihan game dalam daftar ini dirasa terlalu berat untuk dimainkan lewat perangkat mobile yang kamu punya, maka Warspear Online menjadi alternatif terbaik yang bisa kamu temukan dalam daftar ini. Dilihat dari penampilannya, Warspear Online tampak seperti MMORPG yang pernah populer di Indonesia, yaitu Nexia – The Kingdom of the Winds. Hal ini tampak dari penggunaan grafis piksel yang sangat sederhana, hingga terkesan seperti sebuah game dari era console 16-bit.

Meskipun penampilannya terbilang sederhana, namun game buatan Ai Grind ini merupakan MMO dengan daftar platform paling banyak dan usia paling lama di antara sekian judul game yang ada dalam daftar. Warspear Online saat ini sudah bisa dimainkan di PC Windows, Linux, iOS, Windows Mobile, Android, serta handphone berbasis Symbian.

Untuk permainannya sendiri, Warspear Online mengusung mekanisme auto attack seperti beberapa judul game yang telah saya sebutkan di atas. Menariknya lagi, kamu juga diberikan kelas karakter yang berbeda-beda tergantung dari faksi yang kamu pilih di awal permainan.

Kamu bisa bermain sebagai kaum barbar dari faksi Mountain Clans, menjadi pengguna ilmu hitam yang jahat dengan bergabung bersama Forsaken, atau menjadi seorang Druid dari faksi Firstborn yang didominasi kaum Elf. Silakan pilih.

1. Arcane Legends

Arcane Legends

Game MMO persembahan dari kreator game MOBA Call of Champions ini bisa dibilang merupakan alternatif kedua bagi kamu yang menginginkan sebuah MMO seru tapi tidak mempunyai smartphone keluaran terkini.

Di masa kemunculannya tahun 2012 silam, Arcane Legends adalah pionir game MMO mobile yang bisa kamu unduh dan mainkan secara gratis tanpa dikenakan biaya berlangganan sama sekali. Hal ini berbeda dengan Order & Chaos Online yang di tahun sama sempat dibanderol sekitar Rp92.000 dan belum termasuk biaya abonemen internet per bulan.

Arcane Legends juga dilengkapi beberapa fitur seperti yang biasa kamu temui dalam sebuah MMORPG di PC, mulai dari quest, daily quest, membentuk guild, hingga aktivitas boss raid. Seandainya kamu merasa terlambat lima tahun untuk bermain, developer Spacetime Studios juga menyediakan pembelian level (power leveling) yang bisa kamu tebus menggunakan mata uang IAP.

Mungkin Anda Menyukai