10 Game RPG Android Terbaik Pilihan Gamer Seru

RPG bisa dibilang merupakan genre yang bisa kita jumpai di berbagai platform gaming, baik itu game console rumahan hingga game mobile. Di Android sendiri terdapat banyak sekali RPG, namun tak semua memiliki kesetaraan kualitas yang membuatnya layak berada di deretan terbaik. Untuk itulah daftar ini kami buat agar bisa membantu anda untuk menemukan beragam judul RPG berkualitas nan seru yang tidak mungkin bisa kamu lewatkan.

Sebelum anda memulai untuk mengamati deretan RPG berikut ini, ada baiknya jika anda membaca ini terlebih dahulu, saya juga berpesan kepada anda bahwa beberapa game di daftar 10 game rpg ini sebagian besar berbayar, demi pengalaman bermain RPG yang benar-benar berkualitas. Semoga komitmen anda untuk melakukan grinding dalam permainan RPG benar-benar terpuaskan lewat pilihan judul game yang telah di rangkum oleh Gamer Seru. Selamat bermain.

10. Shadowrun: Dragonfall

Shadowrun: Dragonfall

Jika selama ini di benakmu RPG identik dengan dunia medieval fantasi, invasi kaum orc, dan aksi pembantaian naga, maka kamu akan menemukan sesuatu yang berbeda lewat adaptasi tabletop RPG satu ini. Shadowrun: Dragonfall hadir mengusung dunia fantasi bernuansa cyberpunk, di mana segala sesuatunya terlihat futuristik, kumuh, namun penuh beragam teknologi canggih.

Game yang konon memiliki durasi selama 12 jam ini memiliki kualitas grafis yang terbilang cukup baik. Di sini kamu tak hanya melihat bahwa setiap latar belakang dibuat dengan detail, tapi juga penggambaran karakter NPC dan lingkungan yang berwarna-warni. Bagian terbaiknya lagi, game ini menyertakan enam kelas karakter futuristik yang tak akan kamu temui di game lain, mulai dari Street Samurai, Mage, Shaman, dan lain sebagainya.

9. Chaos Rings III

Chaos Rings III

Memang cukup sulit untuk menyarankan Chaos Rings III dengan harganya yang sangat mahal. Namun jika berbicara RPG dengan tampilan 3D yang memukau, maka Chaos Rings III adalah kandidat terbaik yang menawarkan pengalaman RPG berkualitas console di genggaman perangkat mobile.

Sama seperti pendahulunya, Chaos Rings III memiliki aktor pengisi suara yang baik, cutscene keren, musik orkestra khas RPG Jepang, cerita yang menarik dengan banyak dialog, dan juga sistem battle turn-based yang seru. Jadi, apa lagi yang kurang?

8. Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

Sejak pertama kali muncul, Final Fantasy telah menjadi ikon RPG berkualitas yang layak untuk dikembangkan lewat beragam spin-off menarik, salah satunya seperti Final Fantasy Tactics: War of the Lions.

Walaupun lebih kental mengusung elemen strategi dibandingkan serial Final Fantasy lainnya, namun Square Enix tetap mempertahankan beragam elemen yang membuat Final Fantasy begitu dikenal banyak orang.

Berbicara soal cerita, well … saya pikir kamu tak perlu meragukan game ini karena Final Fantasy Tactics: The War of the Lions memiliki intrik politik yang tak kalah bagus dengan game Final Fantasy lainnya.

7. Dragon Quest

Dragon Quest

Sebelum merger menjadi Square Enix, Enix awalnya merupakan developer yang dikenal lewat seri Dragon Quest. Tak sedikit yang mengatakan bahwa Dragon Quest adalah pionir JRPG yang mendorong lahirnya game Final Fantasy dan sejenisnya.

Layaknya porting game klasik Square Enix lainnya yang kamu temukan di mobile, di sini kamu akan menjumpai cerita fantasi tentang melawan kejahatan, grafis 16-bit dan sistem turn based yang tak lekang dimakan oleh waktu.

6. Chrono Trigger

Chrono Trigger

Chrono Trigger merupakan sebuah game yang bagus dan akan tetap akan selalu dikatakan demikian walaupun sudah dirilis belasan tahun yang lalu. Game ini mendapat nilai penuh dari berbagai gamer di seluruh dunia karena tak hanya menyajikan gameplay yang seru, tapi juga cerita perjalanan lintas waktu yang tidak terlalu rumit namun tetap menarik untuk diikuti. Jika kamu ingin mencoba salah satu RPG terbaik yang dirilis ulang ke mobile, maka jangan lewatkan Chrono Trigger.

5. Crashlands

Crashlands

Crashlands bisa dibilang merupakan kombinasi RPG dengan elemen adventure survival terbaik yang membuatnya berbeda dibandingkan game sejenis di luar sana. Selain penyajian dunia planetnya yang unik, kelebihan game ini juga terletak pada banyaknya pilihan crafting yang berguna untuk membantumu bertahan menjalani kerasnya planet Woanope.

Dengan kedalaman gameplay yang dimilikinya, Crashlands tak hanya menjadi game survival adventure yang seru untuk dimainkan, tapi juga sebuah RPG simpel dengan fitur menarik dan replay value yang sangat tinggi. Jika kamu mengaku sebagai penggemar RPG dan berniat mencoba sesuatu yang belum pernah ada di platform mobile sebelumnya, maka kamu berutang satu hal untuk segera mencoba Crashlands.

4. Record of Agarest War

Record of Agarest War

Record of Agarest War saya pikir bukanlah game console yang diingat banyak orang. Kualitasnya mungkin tergolong biasa dan umurnya juga sudah hampir tujuh tahun. Namun untuk standar game mobile masa kini, kualitas game yang satu ini terbilang sangat baik. Versi Android Record of Agarest War bahkan mudah untuk dinobatkan sebagai salah satu suguhan RPG terbaik yang bisa kamu temukan di Google Play Store.

Secara umum, gameplay pada Record of Agarest War bisa dibilang mirip dengan Final Fantasy Tactics, sehingga kamu yang sudah pernah memainkannya akan langsung familier dengan game satu ini. Yang membuatnya semakin unik adalah sistem dating simulation, di mana kamu dapat mengejar salah satu karakter wanita yang ada untuk dinikahi dan memiliki keturunan dengannya.

3. The Banner Saga

The Banner Saga

Sekilas The Banner Saga terlihat seperti film animasi klasik buatan Disney yang cukup terkenal di masanya. Namun seandainya kamu melihat lebih dalam lagi, The Banner Saga tak hanya sekadar menyuguhkan cerita legenda Norse yang epik, tapi juga gameplay seru diiringi dengan pengambilan keputusan yang penuh konsekuensi.

Apabila kamu merupakan penggemar RPG strategi, jelas kamu tidak boleh melewatkan The Banner Saga. Banyak orang yang membandingkan The Banner Saga dengan beragam game strategi terkenal lainnya seperti XCOM, Final Fantasy Tactics, dan Fire Emblem, hanya saja dibalut tampilan animasi keren yang terkesan unik dan menakjubkan.

2. Battleheart Legacy

Battleheart Legacy

Rasanya saya tak perlu panjang lebar lagi untuk menjelaskan sekuel Battleheart yang melengkapi deretan dua RPG terbaik kami. Dalam game ini, kamu diberikan banyak pilihan untuk membuat kelas karakter yang kamu inginkan dalam sebuah RPG, mulai dari seorang Barbarian yang merangkap sebagai Ninja, penyihir sakti yang sanggup melarikan diri bak seorang Rogue, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, kamu juga diberi kebebasan untuk membunuh seluruh NPC yang ada dalam Battleheart Legacy dan merusak jalan cerita yang diberikan.

1. The World Ends with You

The World Ends with You

Lagi-lagi sebuah RPG persembahan dari Square Enix menempati deretan terbaik dalam daftar ini. Meskipun The Worlds Ends with You merupakan porting dari sebuah RPG terbaik di Nintendo DS, setidaknya versi mobile kali ini tak sekadar memberikan detail tampilan yang lebih oke, tapi juga adaptasi kontrol touchscreen yang tak kalah responsif dengan versi handheld.

Selain dua nilai positif tadi, kelebihan lain The World Ends with You juga berasal dari penggunaan lokasi Shibuya yang dibalut dengan musik elektro-pop dan hip-hop yang terdengar asyik di telinga. Dengan kombinasi beberapa kelebihannya tadi serta penyajian grafis ala visual novel yang menawan, The World Ends with You menjadi salah satu JRPG unik dan berkualitas yang bisa kamu temukan di Android.

Mungkin Anda Menyukai