10 RPG Mobile Terbaik 2016

10 RPG Mobile Terbaik 2016

Siapa di antara kamu yang belum pernah mendengar game bergenre role-playing atau RPG? Jika kamu menyebut dirimu sebagai seorang gamer, kemungkinan besar kamu sudah tahu tentang genre game yang sudah begitu mudah ditemukan di mana-mana ini, disini akan kami beberapa beberapa daftar game terbaik tahun 2016 yang telah kami rangkum dari berbagai sumber yang ada.

Di tahun 2016 sendiri, RPG masih menjadi genre favorit yang bisa dengan mudah kita temukan di iOS dan juga Android. Hampir selalu saja ada RPG baru bermunculan setiap minggunya, tak peduli itu RPG yang menitikberatkan aksi hack and slash, strategi turn-based, monster breeding, hingga versi mobile dari game lama. Semuanya menawarkan gameplay yang menarik untuk kamu coba.

Jadi apa saja game mobile dengan genre role-playing terbaik di tahun 2016? Berikut adalah daftarnya.

10. Teeny Titans: Teen Titans GO!

Teeny Titans: Teen Titans GO!

Teeny Titans adalah game superhero DC yang mengambil pendekatan gameplay ala Pokémon. Game ini mengajak kita bertualang untuk mengadu mainan figur komik DC layaknya adu monster Pokémon.

Grumpyface Studios berhasil menyajikan secara ringkas segala keseruan yang membuat Pokémon begitu digandrungi semua kalangan usia. Desain game yang dibuat simpel menjadikan Teeny Titans sangat pas dimainkan lewat smartphone atau tablet tanpa mengorbankan gameplay dan kualitas.

9. Final Fantasy Brave Exvius

Final Fantasy Brave Exvius

Final Fantasy Brave Exvius merupakan spin-off dari seri Final Fantasy yang mengusung genre RPG turn-based seperti serial klasiknya. Kamu akan mengikuti petualangan dari tiga karakter bernama Rain, Laswell, dan Fina dalam usaha mereka mengembalikan kedamaian di dunia Lapis.

Hasil kolaborasi antara Square Enix dan developer Brave Frontier ini menawarkan pengalaman RPG menarik yang kental dengan nuansa Final Fantasy, lengkap dengan cerita baru yang menjadikannya tak sekadar menjadi fan service semata. Jika kamu penggemar Final Fantasy, ini adalah game yang patut kamu coba selain Mobius Final Fantasy.

8. Heroes of Loot 2

Heroes of Loot 2

Lewat Heroes of Loot 2, developer Orange Pixel tak hanya melanjutkan pesona dari salah satu permainan dungeon crawling terbaik di masanya, tapi juga membawa banyak sekali peningkatan baru untuk membuat pemain lama semakin betah memainkan RPG yang satu ini.

Orange Pixel juga meningkatkan bobot tingkat kesulitan game ini dan menyertakan beberapa item permanen baru untuk menghadapi rintangan di sesi permainan berikutnya. Jika kamu penggemar roguelike, Heroes of Loot 2 jelas merupakan RPG yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

7. Valiant Force

Valiant Force

Sejak diumumkan awal 2016, Valiant Force telah menunjukkan tajinya sebagai RPG dengan tampilan yang cukup menjanjikan. Game buatan studio XII Braves asal Singapura ini memiliki grafis yang mengingatkan saya dengan game klasik Tactics Ogre di era PlayStation dulu.

Walau penggambaran karakternya agak mirip dengan Tactics Ogre, namun Valiant Force jelas menyajikan gameplay yang berbeda karena disesuaikan kenikmatan kamu bermain RPG di perangkat mobile. Game ini memiliki kustomisasi tak terbatas hanya dari segi karakter saja, tetapi juga istana yang bisa dimiliki pemain.

6. Adventures of Mana

Adventures of Mana

Square Enix berhasil menghidupkan kembali Final Fantasy Adventure dengan sangat baik lewat Adventures of Mana. Remake ini menghadirkan perubahan bermakna tanpa mengurangi elemen-elemen penting dari karya orisinalnya. Dengan grafisnya yang terlihat lebih indah, Adventures of Mana merupakan suguhan klasik yang sangat menghibur penggemar RPG di perangkat mobile.

5. Romancing SaGa 2

Romancing SaGa 2

Kemunculan game klasik Romancing SaGa 2 di platform mobile tahun ini menjadi suguhan yang tak boleh dilewatkan oleh para penggemar JRPG. Tak sekadar memoles tampilannya agar terlihat lebih baik, Square Enix juga meyelipkan beberapa fitur yang dikembangkan eksklusif untuk versi smartphone. Hal ini meliputi dari empat dungeon orisinal, kelas karakter baru, dan mode New Game Plus bagi pemain yang memerlukan tantangan tambahan.

4. Monster Super League

Monster Super League

Suka dengan Digimon, Pokémon, dan sejenisnya? Jika jawaban kamu ya, maka Monster Super League bisa menjadi salah satu rekomendasi game yang patut kamu cek. Monster Super League bisa dibilang adalah hasil persilangan antara Pokémon GO dengan permainan RPG kasual yang sering kita jumpai di perangkat mobile. Agar semakin menarik, developer 4:33 Creative Labs mengemas game ini dengan tampilan grafis 3D yang menawan juga animasi yang terlihat mewah.

3. Monster Age

Monster Age

2016 menjadi tahun di mana developer Artlogic Games memperlihatkan taring mereka lewat kemunculan RPG jenis monster breeding berjudul Monster Age. Selain menghadirkan aksi duel monster yang tak kalah seru dibandingkan game sejenis buatan developer luar negeri, desain monster yang begitu beragam akan membuat para pemainnya tertarik untuk melengkapi koleksi mereka.

2. Ys Chronicles II

Ys Chronicles II

Lewat gameplay yang simpel tanpa perlu melibatkan aturan battle bertele-tele, Ys Chronicles II merupakan JRPG yang oke untuk dimainkan di perangkat mobile. Aturan bermain RPG yang cukup simpel dari seri Ys Chronicles ini kemudian ditambahkan dengan sistem serangan sihir yang menambah strategimu dalam mengalahkan musuh. Meskipun permainannya terbilang sederhana, namun Ys Chronicles II tetap menjadi suguhan yang bakal menghibur para penggila JRPG.

1. Final Fantasy IX

Final Fantasy IX

Bulan Februari 2016 menandai kemunculan salah satu game dari masa kejayaan Final Fantasy di console PlayStation, yang juga merupakan iterasi favorit dari kreator seri ini, yaitu Final Fantasy IX. Berbagai fitur yang dimiliki Final Fantasy IX versi mobile membuatnya jadi RPG yang cocok dimainkan pemain lama ataupun baru.

Di sini pemain diberikan fitur mematikan random battle, kontrol touch screen yang responsif, dan fungsi built-in cheat. Jadi kamu tidak perlu Gameshark lagi seperti dulu. Sejauh ini, Final Fantasy IX merupakan port terbaik dari serial Final Fantasy untuk perangkat mobile.