7 Aplikasi Pendidikan Terbaik di Android

Bukan sekedar untuk bermain game saja, juga bukan sekedar mengakses media sosial, atau pun ber-selfie ria. Smartphone Android juga bisa digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah, tentunya jika digunakan dengan benar dan bijak.

Sekarang ini sudah banyak banget aplikasi pendidikan atau app edukasi di Android yang bisa kamu gunakan untuk mendukung aktivitas kamu sebagai pelajar/mahasiswa teladan. Mulai dari aplikasi untuk mengasah kemampuan bahasa asing, hingga ke aplikasi yang membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.

Tentu saja, belajar melalui smartphone android sangat efektif. Pasalnya, benda yang satu ini tak akan pernah lepas sedikit pun dari perhatian kita. Berikut 7 aplikasi pendidikan terbaik di Android yang bisa membuat kamu menjadi semakin pintar.

7 Aplikasi Pendidikan Terbaik Di Android
1. Learn Chinese – ChineseSkill

Learn Chinese - ChineseSkill

Di sekolah kamu ada pelajaran Bahasa Mandarin? Pusingnya setengah mati? Tenang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Learn Chinese – ChineseSkill.

Aplikasi edukasi ini yang memungkinkan kamu belajar Bahasa Mandarin secara mudah dan menyenangkan.

Setelah kamu install, buka aplikasi dan kamu akan menemukan 3 bagian utama yakni Learn, Review, dan Discover. Jangan khawatir bakal kesulitan, karena kamu akan belajar bahasa Mandarin benar-benar dari nol.

Mulai dari Basic 1 hingga 3 dan berikutnya kamu akan belajar warna, angka, makanan, waktu, pertanyaan, masih banyak lainnya. Silahkan langsung kamu jajal sendiri, jangat kaget kalau kamu dapat nilai 100.

2. Programming Hub, Learn to code

Programming Hub, Learn to code

Aplikasi pendidikan berikutnya untuk belajar bahasa pemrograman alias coding yakni Programming Hub, Learn to code. Di era digital ini rasanya kemampuan pemrograman dan coding haruslah dimiliki oleh setiap orang, apalagi buat kamu yang masih pelajar.

Programming Hub, Learn to code merupakan aplikasi belajar coding dan bahasa pemrograman HTML, CSS, dan Javascript. Aplikasi ini memiliki compiler offline untuk belajar dan berlatih tanpa perlu koneksi Internet.

Ada banyak koleksi contoh pemrograman, dan materi kursus yang lengkap. Semua kebutuhan untuk belajar coding di-bundle dalam aplikasi Programming Hub, Learn to code.

3. Duolingo – Learn Languages

Duolingo - Learn Languages

Nilai pelajaran Bahasa Inggris kamu selalu jeblok? Atau sering diejek teman-teman karena Bahasa Inggris kamu belepotan? Ubah nasib kamu dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dengan Duolingo.

Duolingo adalah aplikasi edukasi untuk belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Tak hanya tersedia di Android, tapi bisa digunakan di iOS dan aplikasi berbasis web lewat browser komputer kamu.

4. PhotoMath

PhotoMath

Matematika, salah satu pelajaran yang paling dibenci sekaligus dicintai. Jika kamu ingin belajar matematika namun bingung ketika harus mempelajarinya melalui buku atau internet? Pakai PhotoMath aja.

PhotoMath adalah aplikasi pendidikan terbaik di Android yang berhasil menggabungkan kamera dengan kalkulator. Jadi apabila ada soal matematika yang sulit, maka kamu hanya perlu membuka aplikasi ini dan mengarahkan kamera ke soal yang diinginkan.

Jawabannya akan muncul secara otomatis di layar dan seharusnya sih akurat apabila didukung oleh kamera yang berkualitas. Untuk tutorial lebih lanjut dalam menggunakan PhotoMath, kamu bisa membacanya di artikel berikut.

5. Journey – Diary, Journal

Journey - Diary, Journal

Zaman sudah canggih, mencatat materi atau jadwal pelajaran nggak harus di buku. Kamu bisa menggunakan pencatat digital dan salah satu yang terbaik adalah Journey – Diary, Journal.

Aplikasi Journey – Diary, Journal berguna untuk mencatat materai pelajaran dan mengingatkan jadwal kegiatanmu yang harus dikerjakan. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan simpel bagi kamu yang nggak mau ribet.

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu pelajar teladan yang punya jadwal padat dan ingin mengatur waktu seefisien mungkin agar tugas terpenuhi dan hal-hal penting lainnya terlaksana.

6. Office Lens

Office Lens

Jika guru/dosen kamu sudah menerangkan pelajaran secara panjang lebar di papan tulis, lalu mereka menyuruh kalian untuk mencatatnya, di sinilah kegunaan mendasar dari Aplikasi Office Lens.

Dengan menggunakan aplikasi besutan Microsoft yang bernama Office Lens, akan sangat membantu pelajar dan mahasiswa dalam mencatat berbagai hal, mulai dari materi, pengumuman hingga spanduk/poster.

Kalian hanya cukup memotret papan tulis, dan semuanya akan terekam dengan jelas. INGAT! Ini bukan aplikasi kamera biasa loh ya, kamu bisa memotret dari berbagai sudut tanpa harus takut kehilangan setiap kata.

7. Ruangguru – Solusi Belajar

Ruangguru – Solusi Belajar

Ruangguru adalah salah satu aplikasi belajar online terbaik di Android. Dengan aplikasi Ruangguru ini kamu bisa meminta bantuan dengan meng-upload pertanyaan yang kamu anggap susah dengan smartphone Android kamu.

Aplikasi belajar online Ruangguru dapat membantu menjawab pertanyaan mata pelajaran matematika, fisika untuk tingkat SD, SMP, SMA. Fitur unggulan lainnya adalah kamu bisa menggunakan Audio Call untuk berdiskusi langsung dengan guru kamu loh, bahkan bisa ikut les.

Itulah 7 aplikasi pendidikan yang terbaik di Android, dapat menunjang aktivitas belajar mengejar, dan membuat kamu lebih cerdas. Semoga bermanfaat ya, jangan buang-buang waktu dan belajar mulai dari sekarang.

Mungkin Anda Menyukai